Scroll untuk baca berita
Berita UtamaNewsTimur Tengah

Perang Israel-Hamas: Rangkaian Peristiwa Penting di Hari ke-46

×

Perang Israel-Hamas: Rangkaian Peristiwa Penting di Hari ke-46

Sebarkan artikel ini
Seorang Anak Gadis yang terluka akibat Ledakan Bom yang Diluncurkan oleh Tentara Israel (dok. ajazera)

Domainrakyat.com – Perang antara Irael melawan Hamas sudah memasuki hari yang ke 46, berikut situasi yang terjadi pada Selasa 21 November 2023:

Perkembangan terkini

  • Bayi prematur yang dievakuasi dari Rumah Sakit al-Shifa di Gaza utara setelah serangan Israel tiba di Mesir pada hari Senin untuk perawatan dan perawatan. Ke-28 bayi tersebut sedang berjuang melawan infeksi serius, menurut juru bicara Organisasi Kesehatan Dunia.
  • Pejabat Hamas Izzat al-Rishq mengatakan kepada Al Jazeera pada hari Senin bahwa rincian perjanjian gencatan senjata dengan Israel akan diumumkan dalam beberapa jam mendatang.
  • Jepang berusaha mengadakan pembicaraan langsung dengan kelompok Houthi Yaman setelah kelompok tersebut membajak sebuah kapal terkait Israel di Laut Merah yang dioperasikan oleh sebuah perusahaan Jepang. Tokyo mengatakan pada hari Senin bahwa pihaknya juga mendesak masyarakat internasional untuk membujuk pemberontak agar melepaskan kapal tersebut dan orang-orang di dalamnya yang disandera.
  • Aktivis di Italia menggantungkan bendera besar Palestina di menara miring Pisa dan menyalakan asap untuk memprotes pemboman Israel di Gaza pada hari Senin.
  • Serangan Israel terhadap sekolah Hafsah yang menampung warga Palestina yang mengungsi di daerah al-Falouja, Gaza utara, telah menewaskan dan melukai beberapa orang pada hari Selasa, menurut outlet berita Arab Al-Mayadeen.

Dampak Perang

  • Serangan Israel di kamp pengungsi Nuseirat pada hari Senin telah menewaskan 20 orang, menurut koresponden kami Tareq Abu Azzoum. Tiga warga Palestina tewas dalam pemboman di Jabalia pada hari Selasa, lapor koresponden Al Jazeera lainnya, Hani Mahmoud.
  • Hizbullah mengatakan pihaknya menyerang sebuah rumah yang digunakan oleh tentara Israel di Metulla di Israel utara pada hari Selasa.
  • Sebanyak 83 masjid telah hancur dan 170 lainnya rusak akibat serangan udara Israel di Gaza sejak 7 Oktober, kata kantor media Gaza pada Selasa.
  • Pada hari Senin, keluarga tawanan Israel yang ditawan oleh Hamas mendesak anggota parlemen sayap kanan untuk membatalkan rancangan undang-undang yang akan mempermudah penerapan hukuman mati terhadap tahanan Palestina. Mereka berpendapat bahwa tindakan seperti itu akan menempatkan kerabat mereka yang ditawan pada risiko yang lebih besar.
  • Pada hari Senin, sekitar 25.000 orang meninggalkan Gaza utara melalui koridor “aman” yang didirikan oleh Israel, menurut informasi terkini dari Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (UNOCHA). Hujan deras di daerah kantong yang terkepung telah memperburuk situasi para pengungsi yang tidur di tempat terbuka karena kurangnya ruang di tempat penampungan.
  • Penyair dan penulis Palestina, Mosab Abu Toha, ditahan oleh pasukan Israel ketika mencoba meninggalkan Gaza, kata keluarganya pada hari Senin.

Situasi di rumah sakit Gaza

  • Rumah Sakit Indonesia di Gaza utara dikepung oleh tank-tank Israel pada hari Senin sementara tembakan artileri juga menewaskan 12 warga Palestina di kompleks tersebut. Penembak jitu Israel terlihat di atap bangunan di dekatnya sementara sekitar 700 orang, termasuk staf medis dan pasien, berada di dalam rumah sakit, menurut sumber medis .
  • Kementerian Luar Negeri Indonesia mengatakan pada hari Senin bahwa mereka telah kehilangan kontak dengan tiga mahasiswa Indonesia yang menjadi sukarelawan di rumah sakit tersebut.
    Operasi Israel berlanjut di al-Shifa selama lima hari berturut-turut pada hari Senin, menurut OCHA PBB. Hingga Sabtu, 19 petugas kesehatan dan 259 pasien masih berada di al-Shifa, menurut Kementerian Kesehatan Gaza.

Diplomasi

  • Untuk membela Israel, juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby mengatakan pada hari Senin bahwa Israel tidak ingin “menghapus rakyat Palestina dari peta”. Dia juga mempermasalahkan penggunaan istilah “genosida” oleh beberapa kritikus tindakan Israel di Gaza.
  • Negara Qatar mengeluarkan pernyataan pada hari Senin yang mengecam serangan Israel terhadap Rumah Sakit Indonesia “dengan sekeras-kerasnya”. Menyatakan “solidaritas penuh” kepada Republik Indonesia, Kementerian Luar Negeri Qatar juga mengatakan akan memberikan dukungan dalam langkah-langkah politik dan hukum dalam menangani “kejahatan brutal” terhadap rumah sakit tersebut.
  • Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bertemu dengan keluarga warga Israel yang ditawan di Gaza pada hari Senin, menurut Times of Israel. Dia mengatakan dia berbicara dengan keluarga tersebut tentang “upaya diplomatik, intelijen dan operasional yang kami lakukan sepanjang waktu” lapor Times.
  • Diplomat utama Uni Eropa Josep Borrell mengatakan kepada 27 menteri Uni Eropa bahwa pembentukan negara Palestina adalah “jaminan terbaik bagi keamanan Israel” pada hari Senin. Borrell baru-baru ini mengunjungi Timur Tengah di mana dia bertemu dengan para pemimpin Otoritas Palestina, Israel dan Qatar.

 

Skroll untuk Melanjutkan
Advertising

Sumber: Aljazera

    

Lihat berita dan Artikel Domainrakyat.com di Google News dan WhatsApp Channel