Scroll untuk baca berita
PemiluPolitik

Elektabilitas Merosot, Siapa Sponsor Lembaga Survei yang Unggulkan Ganjar?

×

Elektabilitas Merosot, Siapa Sponsor Lembaga Survei yang Unggulkan Ganjar?

Sebarkan artikel ini
Capres Ganjar Pranowo/Net

Domainrakyat.com – Elektabilitas calon presiden dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, merosot signifikan. Setidaknya, itulah hasil survei versi LSI Denny JA.

Setidaknya, ada tiga alasan mengapa dukungan terhadap Ganjar Pranowo menurun; Pertama, karena statusnya sebagai “petugas partai”, Ganjar dinilai tidak akan bisa mengambil keputusan secara independen, karena harus meminta restu ketua umum partainya. Kedua, karena ia gagal menangani masalah kemiskinan di Jawa Tengah, dan ketiga, Ganjar dianggap sebagai biang keladi yang membuat Indonesia gagal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Skroll untuk Melanjutkan
Advertising

“Tiga alasan itu masuk akal dan mempengaruhi elektabilitas Ganjar jadi turun,” kata aktivis Kolaborasi Warga Jakarta, Andi Sinulingga, dikutip dari RMOL, Minggu (21/5).

Sebenarnya elektabilitas Ganjar sempat menunjukkan tren naik. Saat itu masih di angka 27,9 persen, di bawah Prabowo Subianto.

Selanjutnya naik, dan puncaknya terjadi pada Januari 2023, yakni sebesar 37,8 persen. Namun pada Mei 2023 turun di angka 31,9 persen.

Fakta itu berbanding terbalik dengan kompetitornya, Prabowo Subianto, yang tren elektabilitasnya terus tumbuh positif.

“Jadi survei-survei yang mengunggulkan Ganjar selama ini sebenarnya sponsornya siapa?” Andi Sinulingga balik bertanya.

Sementara itu, sebuah lembaga survei malah menempatkan Ganjar Pranowo di urutan pertama, diikuti Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

    

Lihat berita dan Artikel Domainrakyat.com di Google News dan WhatsApp Channel