Scroll untuk baca berita
HajiNews

Penjelasan Kemenag Terkait Video Jemaah Haji Asal Sulsel yang Mengaku Diusir dari Hotel di Arab Saudi

×

Penjelasan Kemenag Terkait Video Jemaah Haji Asal Sulsel yang Mengaku Diusir dari Hotel di Arab Saudi

Sebarkan artikel ini
Jamaah Haji asal Sulsel. Foto/Net

MAKASSAR, DOMAINRAKYAT.com – Viral sebuah video jemaah haji kelompok terbang (Kloter) 14 asal Luwu Utara dan Luwu Timur, Embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), mengaku diusir dari hotel, tempatnya menginap di Arab Saudi.

Dalam video berdurasi 54 detik itu, tampak seorang jemaah haji laki-laki direkam oleh seorang jemaah haji perempuan. Dalam video itu, jemaah haji laki-laki tersebut mengaku terlantar di Arab Saudi.

Skroll untuk Melanjutkan
Advertising

“Minta tolong Pak, kami dari Luwu Utara Kloter 14. Semoga pihak Provinsi Sulawesi Selatan untuk memperhatikan jemaah haji kloter 14 Luwu Utara dan Luwu Timur. Sekarang terlantar di Arab Saudi. Tabe (mohon/permisi),” kata pria paruh baya dalam video yang beredar tersebut.

Sementara jemaah perempuan yang merekam aksi itu, tampak memperlihatkan ratusan koper jemaah yang berjejer di depan sebuah gedung hotel.

“Ini saya kirim ke provinsi (Sulsel) ini. Kopernya tertumpuk ini. Ini (koper) sudah bertumpuk. Jemaah sudah ada di luar (gedung), bagaimana ini? Bingung semua (jemaah) lansia,” ujarnya.

“Tabe (mohon) ini semua sudah diusir semua keluar. Tabe ini semua lansia, kita lihat bagaimana jemaah haji Indonesia yang terlantar sekarang. Tolong doata (doanya), bagaimana kami ini di sini di Arab Saudi. Tolong pemerintah diperhatikan. Tolong kami,” ucapnya menangis sambil merekam jemaah yang terlantar.

Menanggapi video tersebut, Humas Kanwil Kemenag Sulsel, Mawardi Sirajuddin mengatakan jemaah kloter 14 tidak diusir tapi hanya dipindahkan.

“Bukan diusir. Tapi tadinya satu kloter pisah hotel, sekarang mau disatukan. Ini jawaban dari MCH PPIH Arab Saudi di Madinah,” kata Mawardi, Kamis (8/6/2023). Dia menjelaskan bahwa, jemaah kloter 14 yang awalnya berada di Al Harithia Hotel dipindahkan ke Hotel Front Taiba yang jaraknya lebih dekat dari Masjid Nabawi.

“Sebagian jemaah haji kloter 14 Embarkasi Makassar (UPG 14) yang tinggal di Al Harithia Hotel dipindah ke hotel Front Taiba yang lokasinya lebih dekat dengan Masjid Nabawi, 10 meter depan pagar Masjid Nabawi. Hotel Front Taiba juga berdekatan dengan hotel jemaah kloter UPG lainnya,” pungkasnya

 

    

Lihat berita dan Artikel Domainrakyat.com di Google News dan WhatsApp Channel