Scroll untuk baca berita
NasionalNews

BAZNAS, Dinsos dan Dinkes Kunjungi Pak Tola yang Sedang Terbaring Sakit

×

BAZNAS, Dinsos dan Dinkes Kunjungi Pak Tola yang Sedang Terbaring Sakit

Sebarkan artikel ini

Bulukumba, Domainrakyat.com – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kab. Bulukumba mengunjungi keluarga Pak Pattola di kediamannya di Jl. Jambu, Kel. Tanah Kongkong, Kec. Ujungbulu, Bulukumba, bersama Kabid Rehsos Dinsos Bulukumba dan tenaga medis Puskesma Caile Bulukumba, Senin (10/6/2024) pagi.

Pada kunjungan kali ini, BAZNAS berikan bantuan sembako. Kabid Rehsos juga mengupayakan pembaruan adminduk keluarganya, serta mengupayakan masuk sebagai penerima PKH. Sementara Dinkes mengobservasi sakit yang dideritanya beberapa pekan terakhir.

Skroll untuk Melanjutkan
Advertising

Sejak dua bulan belakangan Pak Tola, demikian biasa disapa, mengalami gatal pada seluruh badannya. Pada sebahagian besar badannya terserang cacar, bintik dan tampak bersisik. Anak bungsunya, M. Ilham (7 tahun), juga mengalami sakit gatal. Pada bagian tangan, lengan dan kaki anaknya terdapat cacar. Sakit cacarnya telah berlangsung selama beberapa bulan belakangan.

Pak Tola memiliki BPJS Kesehatan, namun tubuhnya terasa lemah, sehingga sulit baginya untuk melangkah dan berjalan menuju Puskesmas atau rumah sakit, untuk memeriksakan dirinya.

Pak Tola tinggal di gubuk miliknya, di Lingkungan Kasuara Baru, Kel. Tanah Kongkong, yang dibangunkan oleh BAZNAS bersama salah seorang dermawan.

Untuk mencapai rumahnya, di sekitaran Jl. Jambu, Lingkungan Kasuara Baru, harus berjalan kaki dan melintasi genangan air berlumpur sekitar 20 meter, dengan kedalaman hingga selutut.

Pak Tola memiliki tujuh orang anak. Saat ini, ia tinggal bersama istri dan tiga orang anaknya, salah satunya janda (cerai hidup). Dua diantaranya masih usia sekolah dasar.

Sebelum sakit, Pak Tola bekerja sebagai buruh serabutan, termasuk tukang gali kubur di bilangan Kasuara dengan upah puluhan ribu rupiah.

Sejak beberapa bulan belakangan, Pak Tola tidak mampu lagi bekerja. Ia lebih banyak tidur di rumah akibat sakit yang menderanya.

Untuk kebutuhan sehari-harinya, anak Pak Tola sesekali memberikan uang padanya dari hasil pekerjaannya sebagai buruh di dermaga pelelangan ikan.

    

Lihat berita dan Artikel Domainrakyat.com di Google News dan WhatsApp Channel