Scroll untuk baca berita
NewsTimur Tengah

Beberapa tentara Israel terluka dalam serangan Lebanon yang diklaim oleh Hizbullah

×

Beberapa tentara Israel terluka dalam serangan Lebanon yang diklaim oleh Hizbullah

Sebarkan artikel ini
Seorang tentara Lebanon dan petugas pertolongan pertama dikerahkan ke kawah yang disebabkan oleh serangan udara Israel yang menghantam jalan di desa Alma al-Shaab di selatan Lebanon [AFP]

Domainrakyat.com – Beberapa tentara Israel terluka dalam ledakan di Lebanon dekat perbatasan Israel, menurut militer Israel dan kelompok bersenjata Lebanon Hizbullah, yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Hizbullah yang didukung Iran mengatakan pada hari Senin bahwa mereka telah meledakkan “alat peledak” yang menargetkan tentara Israel yang menyeberang ke wilayah Lebanon.

Skroll untuk Melanjutkan
Advertising

Dalam sebuah pernyataan, kelompok itu mengatakan para pejuangnya menanam alat peledak di daerah Tel Ismail di Lebanon selatan, dekat perbatasan dengan Israel.

Dikatakan bahwa para pejuangnya meledakkan bom tersebut ketika patroli tentara Israel menyeberang ke Lebanon dan tiba di lokasi di mana bom tersebut ditanam. Kelompok tersebut mengatakan ledakan tersebut menyebabkan “kematian dan cedera” meskipun mereka tidak memberikan bukti apa pun.

Seorang pejabat militer Israel mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa empat tentara Israel terluka dalam ledakan semalam, yang terjadi ratusan meter di dalam wilayah Lebanon.

“Kami mengonfirmasi bahwa insiden itu terjadi di Lebanon,” kata juru bicara militer Israel kepada kantor berita Agence France-Presse.

Ini adalah pertama kalinya Hizbullah mengklaim serangan semacam itu dalam lebih dari enam bulan serangan lintas perbatasan yang terjadi hampir setiap hari antara kelompok tersebut dan Israel sejak dimulainya perang Israel di Gaza.

Dilaporkan dari Naqoura di Lebanon selatan, Ali Hashem dari Al Jazeera mengatakan serangan itu merupakan “indikasi bahwa situasi di sini sangat sensitif”.

“Ini bukan pertama kalinya sebuah bom atau bom pinggir jalan diledakkan,…tapi kali ini [ledakannya] sangat kuat,” katanya.

Insiden ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan setelah Iran melancarkan serangan rudal dan pesawat tak berawak terhadap Israel pada hari Sabtu sebagai pembalasan atas serangan mematikan terhadap konsulat Teheran di Damaskus awal bulan ini.

    

Lihat berita dan Artikel Domainrakyat.com di Google News dan WhatsApp Channel