Scroll untuk baca berita
News

Larangan Membully Dalam Islam

×

Larangan Membully Dalam Islam

Sebarkan artikel ini

 

Ilustrasi. Foto: Net

Skroll untuk Melanjutkan
Advertising

Baru-baru ini kita mendapatkan kabar yang membuat kaki bergetar hebat hingga, tak kuasa menahan tangis. Akibat, seorang anak SD mendapatkan perlakuan tak senonoh oleh rekan sepermainannya..

Bagaimana tidak, anak SD tersebut dipaksa untuk melakukan tindak senonoh kepada Kucing. Astagfirullah… Hingga, akhirnya depresi dan meninggal dunia..

Islam hadir dengan segala kemuliaan dan rahmat Allah Swt. 

Dalam Q.S Al-Hujurat:11

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok) dan jangan pula perempuan-perempuan (mengolok-olokkan) perempuan lain (karena) boleh jadi perempuan (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari perempuan (yang mengolok-olok). Janganlah kamu saling mencela satu sama lain dan janganlah saling memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk (fasik) setelah beriman. Dan barangsiapa tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zhalim.

Islam melarang kita untuk melakukan perilaku tercela, termaksud mengolok-ngolok orang lain bahkan hingga membuat orang lain merasa tersakiti baik secara fisik maupun non fisik..

Sangat disayangkan, anak kecil yang masih di bangku Sekolah Dasar dengan sangat tega membully temannya sendiri bahkan membuat temannya melakukan hal yang tidak benar…

Lantas, bagaimana peran orang tua di rumah untuk menghadapi bahkan mencegah perilaku tidak terpuji di masa yang akan datang..

Orang tua adalah sumber daripada pembentukan karakter. Sehingga, peran orang tua sangat dibutuhkan dalam memberikan contoh yang baik kepada anak.

Seorang anak adalah peniru ulung yang akan selalu meniru orang tuanya dengan baik..

Penanaman moral sejak kecil, adalah landasan yang penting bagi si buah hati dan Islam adalah agama yang mulia yg mengajarkan banyak kebaikan di dalamnya. Sehingga ketika orang tua menerapkan parenting dalam Islam.. Insya Allah, didikan kebaikan akan dapat tersalurkan dengan baik kepada anak dan menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Aamiin Allahumma Aamiinnn 🤲

Penanaman moral dan akhlaq yang baik kepada anak adalah tanggung jawab orang tua dalam pendidikannya..

Tidak serta merta menyerahkan anak di dalam sekolah tanpa ada pengawasan dan perhatian. 

Sehingga, patutlah orang tua untuk selalu menjalin komunikasi yang baik kepada anak dan memperhatikan segala hal yang berkaitan tentang karakter..

Di era yang semakin modern ini, karakter yang baik adalah modal utama dalam menjajakan kaki dengan dunia yang penuh godaan. Jika, Islam yang menjadi pegangan maka, Insya Allah kebaikan akan selalu menyertai…

Penulis: Sri Retno Mulyani

    

Lihat berita dan Artikel Domainrakyat.com di Google News dan WhatsApp Channel