Scroll untuk baca berita
News

Iran Mengklaim Insinyur Tewas Dalam ‘Kecelakaan’ di Pangkalan Militer

×

Iran Mengklaim Insinyur Tewas Dalam ‘Kecelakaan’ di Pangkalan Militer

Sebarkan artikel ini
Bendera Iran melambai di depan markas Badan Energi Atom Internasional (REUTERS)

 Teheran – Domainrakyat.com – TV pemerintah di Teheran melaporkan : Seorang insinyur tewas dalam insiden yang tidak dapat dijelaskan di sebuah pangkalan militer dan pengembangan senjata utama Iran.

Kementerian pertahanan Iran mengatakan “kecelakaan” itu terjadi pada Rabu sore di sebuah pusat penelitian di kompleks militer Parchin, sebelah timur ibukota Teheran . Insinyur yang meninggal itu bernama Ehsun Ghadbeigi.

Skroll untuk Melanjutkan
Advertising

Pekerja lain terluka dalam insiden itu tetapi tidak ada rincian lebih lanjut yang diberikan oleh pihak berwenang.

Para pejabat mengatakan penyelidikan sedang berlangsung.

Parchin adalah rumah bagi sebuah pangkalan militer di mana Badan Energi Atom Internasional (IAEA) sebelumnya mengatakan pihaknya mencurigai Iran melakukan tes pemicu bahan peledak yang dapat digunakan dalam senjata nuklir.

Iran telah lama membantah mencari senjata nuklir, meskipun IAEA sebelumnya mengatakan Iran telah melakukan pekerjaan dalam “mendukung kemungkinan dimensi militer untuk program nuklirnya” yang sebagian besar dihentikan pada akhir 2003.

Kekhawatiran Barat atas program atom Iran menyebabkan sanksi dan akhirnya kesepakatan nuklir Teheran 2015 dengan kekuatan dunia.

Namun, AS, di bawah Donald Trump, secara sepihak menarik diri dari perjanjian pada Mei 2018, dan mencari isolasi lebih lanjut terhadap Iran, memberlakukan sanksi baru terhadap Teheran.

Di bawah Presiden Biden, pembicaraan rapuh untuk memulihkan kesepakatan terus berlanjut tetapi, sejauh ini, belum menghasilkan kesepakatan apa pun.

Teheran memperkaya uranium hingga kemurnian 60 persen – tingkat tertinggi dan langkah teknis singkat dari tingkat tingkat senjata 90 persen.

Pada 2015, direktur jenderal IAEA saat itu mengunjungi satu lokasi program senjata yang dicurigai di Parchin dan inspektur mengambil sampel di sana untuk dianalisis.

Rudal dan program luar angkasa Iran telah mengalami serangkaian ledakan misterius dalam beberapa tahun terakhir.

Sebuah ledakan raksasa yang tidak dapat dijelaskan terjadi di daerah Parchin pada musim panas 2020, mengguncang ibu kota dan mengirimkan bola api besar ke langit dekat Teheran.

Itu juga terjadi hanya beberapa hari setelah pembunuhan seorang perwira militer Iran, Kolonel Hassan Sayyad Khodai, di Teheran.

Dia ditembak mati di dalam mobilnya pada Minggu sore, dan New York Times melaporkan bahwa seorang pejabat intelijen telah mengatakan kepada AS bahwa dia berada di balik pembunuhan Khodai.

Sumber: independent.co.uk

    

Lihat berita dan Artikel Domainrakyat.com di Google News dan WhatsApp Channel