Scroll untuk baca berita
News

Cara Membuat Blog Gratis Paling Mudah Untuk Pemula di Blogger

×

Cara Membuat Blog Gratis Paling Mudah Untuk Pemula di Blogger

Sebarkan artikel ini

 

Skroll untuk Melanjutkan
Advertising

Cara Membuat Blog dengan Blogger

Sama seperti ketika Anda membangun website di WordPress, membuat blog di Blogspot pun sama mudahnya. Membangun sebuah blog di blogger juga gratis dan bisa melalui perangkat apapun.

Langsung saja, simak step-by-step cara membuat blog pribadi di blogspot berikut ini. Jangan lupa untuk menyiapkan alamat email / akun sebelum memulai Blogger.

1. Kunjungi Situs Blogspot

Langkah pertama yaitu silahkan Anda menuju halaman www.blogger.com lalu pilih menu Create Your Blog di bagian tengah. Lihat gambar di atas!

2. Login dengan Email

Selanjutnya Anda harus melakukan login. Pastikan Anda sudah memiliki akun Google ya. Lalu, input alamat email tersebut pada bagian kolom yang tersedia. Setelah itu, klik menu Berikutnya.

3. Tentukan Nama / Judul Blog

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan judul yang nantinya tampil dibagian atas blog. Tuliskan judul yang Anda kehendaki lalu klik menu Berikutnya. Contohnya bisa dilihat di tampilan berikut.

4. Tentukan Nama URL

Di halaman ini Anda harus memilih nama URL untuk blog Anda. URL merupakan alamat web yang akan membantu pengguna lain untuk menemukan blog Anda secara online.

Ketikkan nama URL yang diinginkan di kolom Alamat, lalu klik menu Berikutnya. Seperti pada tampilan berikut ini.

5. Konfirmasi Nama Blog

Langkah terakhir Anda akan diminta untuk mengisi nama blog yang ingin ditampilkan kepada pembaca blog Anda. Isikan nama sesuai yang sudah Anda input sebelumnya lalu klik menu Selesai.

Selamat. Akun blogspot Anda sudah jadi! Anda akan menuju ke halaman pengelolaan blog seperti di bawah ini.

Untuk melihat tampilan blog, Anda bisa klik Lihat Blog di bagian paling bawah. Contoh tampilan blog bisa dilihat di bawah ini. 

Anda bebas melakukan pengaturan dan perubahan berbagai elemen blog, seperti tema, tata letak dan aspek lainnya. Anda pun bisa langsung menambahkan postingan atau menambah blog baru.

Tips Cara Membuat Blog yang Menarik

Meskipun gratis, tentu Anda tidak ingin memiliki blog yang biasa-biasa saja. Karena cepat atau lambat, blog tersebut pasti ingin Anda jadikan sebagai media yang lebih profitable. Bukan tidak mungkin pada akhirnya blog menjadi alat untuk menghasilkan uang.

Sudah banyak lho contoh blog pribadi yang dapat memberikan profit bagi pemiliknya. Sebut saja Harumi PS, Yodhia Antariksa, Iwan Banaran, dan banyak lagi.

Bahkan, blog tidak hanya berfungsi untuk kepentingan individu saja. Beberapa perusahaan besar juga menggunakan blog untuk bisnis, misalnya Bukalapak dan Gojek.

Lantas, bagaimana ya cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang? Ada beberapa tips yang bisa Anda coba.

Menentukan topik atau niche yang tepat

Sebisa mungkin carilah topik yang benar-benar Anda kuasai. Jika yang Anda gunakan adalah blog pribadi, banyak pilihan topik yang tersedia.

Tak ada salahnya menyesuaikan trend atau memilih topik yang sangat dibutuhkan oleh pengguna saat ini. Pastikan juga topik tersebut bermanfaat. Caranya bisa dengan melakukan riset terlebih dahulu di internet.

Memilih nama domain seunik mungkin

Pilihlah nama domain yang unik, mudah diingat, mudah dihafal atau diketik. Selain itu, hindari angka atau karakter pada domain. Jika memungkinkan gunakan nama yang sedang viral yang gampang diingat publik.

Untuk mendapatkan domain semacam ini tentu Anda tidak bisa mengandalkan platform gratis. Anda bisa mendapatkan domain dengan harga cukup bersahabat di beberapa agensi seperti Domainesia, Niagahoster, Idcloudhost, Hostinger, Rumah Web, dan banyak lagi.

Menggunakan Tema yang Menarik

Menampilkan blog menarik walaupun dengan tema gratisan? Kenapa tidak. Ada banyak sekali pilihan tema gratis yang bisa Anda aplikasikan ke blog. Yang paling penting adalah tema dengan topik blog sesuai.

Kustomisasi Desain

Jika ingin hasil yang lebih memuaskan Anda bisa mempertimbangkan kustomisasi desain. Dengan fitur ini Anda bisa merubah jenis font, menambah tag, ikon bahkan widgets dan beberapa menu baru.

Memperbarui Konten / Postingan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, blog selalu berubah. Itulah mengapa sangat penting untuk selalu memperbarui konten. Jangan lupa untuk melakukan perencanaan matang dalam membuat konten.

Mulailah dengan riset keyword, riset kompetitor serta merancang kerangka yang tepat untuk konten Anda. Jangan lupa pula untuk selalu mengedepankan kualitas. Buatlah konten menarik agar disukai user.

Memaksimalkan Media pada Postingan

Selain membuat tulisan yang menarik, sebaiknya maksimalkan juga peran media. Manfaatkan gambar atau video untuk mendukung kualitas konten Anda.

Selain beberapa tips di atas, masih ada beberapa hal yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas blog Anda. Misalnya:

  •     mempelajari hal basic mengenai SEO.
  •     membuat dna integrasi akun media sosial.
  •     membuat guest post.
  •     memasang fitur tambahan, misal Google Analytics.
  •     membuat dan menambahkan backlink.
  •     audit konten.
  •     maintenance website

Dengan melakukan beberapa tips di atas harapannya Anda bisa membuat blog yang lebih menarik bagi pembaca. Namun, yang terpenting bukanlah tentang skill Anda mengenai blog itu sendiri, melainkan pengetahuan mengenai konten yang akan Anda share kepada publik.

Jadi, sebelum membuat blog yang bagus, usahakan Anda memiliki skill mumpuni dalam menciptakan konten yang berkualitas. Hal ini yang nantinya akan menentukan sukses tidaknya blog Anda. 

Baca juga:  Cara Membuat Blog/Website Gratis Paling Mudah Untuk Pemula di WordPress

Penutup

Setelah melihat tutorial di atas tentu Anda tidak akan setuju lagi kalau cara membuat blog ataupun website itu susah. Membuat blog di Blogger sangat mudah, juga praktis dan gratis lagi.

Demikian tutorial cara membuat blog di artikel kali ini.

    

Lihat berita dan Artikel Domainrakyat.com di Google News dan WhatsApp Channel