Scroll untuk baca berita
News

Menteri Dalam Negeri Kenakan Baju Adat Saat Kunjungi Kawasan Adat Amma Toa

×

Menteri Dalam Negeri Kenakan Baju Adat Saat Kunjungi Kawasan Adat Amma Toa

Sebarkan artikel ini

Bulukumba, Domainrakyat.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian tiba kawasan Adat Ammatoa Kajang, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan pada Jumat, 11 Agustus 2023.

Kunjungan Tito Karnavian di kawasan Adat Kajang sebagai salah satu rangkaian agenda puncak Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera sekaligus pemberian Gelar kepada Bapak Mendagri .

Skroll untuk Melanjutkan
Advertising

Setibanya di gerbang kawasan adat, Tito Karnavian disambut dengan pemasangan pakaian khas adat Kajang yakni Passapu Lelleng (Ikat kepala hitam) dan Lipa Lelleng (Sarung Hitam) sebagai pakaian khas adat kajang, dan penyambu Tarian Pakduppa Passapu sebagai bagian dari penyambutan Di kawasan Ammatowa.

Tito yang didampingi oleh Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf serta rombongan kemudian berjalan kaki menuju rumah adat Ammatoa yang berada dalam kawasan.

Sesampainya dirumah adat Tito telah ditunggu oleh Ammatoa (sebutan kepala Suku Kajang ) bersama petinggi adat Kajang lainnya untuk diberikan gelar kehormatan.

Tito diberi nama Kajang Puto Tito Daeng Manai sedangkan istrinya di beri Nama
Jaja Paccing  daeng Manisii langsung di beri   sebagai bentuk penghormatan.

Dirumah Adat ( Bola Pa.rorongan) sebutkan rumah Adat Tamunya) . Puto tito karnavian menyampaikan rasa terimakasih nya karena telah disambut baik dikawasan Ammatoa Kajang” sebagai salah satu agenda dalam kegiatan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera dan pemangkuan adat dan petinggi Adatpun menyambut baik pada gerakan ini”

Agenda selanjutnya , bapak Mendagri dan rombongan akan berkunjung ke pusat pembuatan Kapal Pinis ujung Loe Dan sesudahnya Tito akan ke pantai Bira akan membuka Puncak Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera di Lapangan Hitam, Bira, Bulukumba.

 

Laporan: Jusman

    

Lihat berita dan Artikel Domainrakyat.com di Google News dan WhatsApp Channel