Scroll untuk baca berita
News

Cara Nonton Gratis Streaming Formula E Jakarta 2022, ini Jadwal dan Linknya

×

Cara Nonton Gratis Streaming Formula E Jakarta 2022, ini Jadwal dan Linknya

Sebarkan artikel ini

 

Link streaming Formula E Jakarta 2022 bakal Jaka sediakan khusus buat kamu yang penasaran dengan event akbar ini. Nggak perlu datang ke Jakarta E-Prix International Circuit (JEIC) Ancol, kamu bisa nonton dari layar HP atau laptop, gratis!

Skroll untuk Melanjutkan
Advertising

Akhir pekan ini, Indonesia DKI Jakarta akan mencatatkan tonggak penting di dunia motorsport. Untuk pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah gelaran Formula E di Jakarta pada Sabtu, 4 Juni 2022. Jakarta E-Prix 2022 menjadi putaran ke-9 dari kejuaraan Formula E musim 2022.

Buat kamu yang belum tahu, Formula E merupakan ajang balap yang prestise seperti Formula 1 (F1). Bedanya, jika F1 masih memakai mesin konvensional, Formula E menggunakan mobil balap bertenaga listrik.

Sebagai warga negara Indonesia, kamu pastinya nggak mau melewatkan momen bersejarah ini, kan? Makanya, Jaka bakal sediakan link streaming Formula E Jakarta 2022 gratis, lengkap dengan jadwal Jakarta E-Prix mulai dari sesi latihan bebas hingga sesi balap.

>>> Link Streaming Formula E Jakarta 2022 RCTI <<<

Formula E Jakarta atau Jakarta E-Prix 2022 merupakan gelaran balap mobil listrik resmi di bawah naungan F d ration Internationale de l’Automobile (FIA). Beda dari F1 yang sudah berlangsung sejak 1950, Formula E baru “lahir” pada 2014.

Selain itu, mobil balap yang digunakan Formula E adalah mobil listrik khusus yang dirancang dengan aerodinamika untuk bisa bermanuver dengan gesit.

Di musim ini, mobil Formula E yang digunakan adalah generasi kedua atau Gen 2. Mobil ini punya panjang sekitar 5,1 meter, lebar 1,7 meter, tinggi 1 meter, dan wheelbase 3,1 meter.

Untuk performanya di trek, Formula E Gen 2 bisa berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 2,8 detik saja. Sementara itu, kecepatan maksimumnya dibatasi hanya 250 km/jam.

Masih ada banyak hal menarik yang wajib kamu ketahui dari Formula E dan Jakarta E-Prix 2022. Sebelum nonton balapannya, yuk simak fakta-fakta menarik lainnya dari Formula E Jakarta 2022 di bawah ini:

  • Tidak jauh beda seperti sistem DRS di F1, Formula E juga memiliki sistem booster ala NOS bernama “Attack Mode”. Di mode ini, mobil akan mendapat tenaga tambahan sebesar 35 kilowatt yang digunakan untuk menyalip mobil lain.
  • Jakarta International E-Prix Circuit (JEIC) merupakan sirkuit yang disiapkan khusus untuk balapan Formula E. Sirkuit ini punya panjang lintasan 2,4 kilometer, lebar 12 meter, dan 18 tikungan.
  • Sempat kisruh masalah lokasi sirkuit, kawasan Ancol pada akhirnya dipilih sebagai lokasi final JEIC. Sebelumnya, sirkuit JEIC direncanakan dibangun di Monas, tapi ditentang karena terlalu dekat dengan ring 1 negara.
  • Setelah tidak diizinkan dibangun di kawasan Monas dan Lapangan Merdeka, ada lima alternatif lokasi JEIC, yakni Jalan Sudirman, Pantai Indah Kapuk (PIK), JIEXPO Kemayoran, Stadion Internasional Jakarta (JIS), dan yang terakhir Ancol yang kemudian dipilih sebagai lokasi resmi.
  • Jakarta E-Prix 2022 merupakan seri kesembilan gelaran Formula E musim 2021/2022. Seperti balapan seri Meksiko, Monaco, dan Maroko, Indonesia hanya menggelar balapan satu kali. Pada seri lainnya, balapan diadakan dua kali.
  • Seri Formula E 2022 Jakarta menjadi ajang spesial bagi juara musim lalu, Nyck de Vries. Dia merupakan pembalap Belanda keturunan Indonesia. Darah Indonesia dia dapatkan dari sang kakek yang tinggal di Kota Malang, Jawa Timur.
  • Ada beberapa mantan pembalap F1 yang berlaga di Formula E musim 2021/2022. Mereka antara lain Stoffel Vandoorne yang tiga musim balapan untuk tim McLaren (2016-2018), Pascal Wehrlein (2016-2017), Jean- ric Vergne (2016-2018), hingga Lucas de Grassi (2010).

Jadwal Lengkap Formula E Jakarta 2022

Indonesia, tepatnya DKI Jakarta, mendapat kehormatan sebagai tuan rumah seri kesembilan Formula E musim 2022. Di seri sebelumnya, balapan mobil listrik ini digelar sebanyak dua putaran di Berlin, Jerman.
Menariknya, balapan Formula E Jakarta 2022 hanya diselenggarakan selama satu hari, yakni Sabtu 4 Juni 2022. Satu hari ini digunakan langsung untuk sesi latihan bebas, kualifikasi, hingga balapan utama. Sistem ini terbilang berbeda dengan balapan F1 yang berlangsung tiga hari.
Makanya, balapan Jakarta E-Prix 2022 diprediksi berjalan sangat seru. Sebab, para pebalap hanya punya waktu satu hari untuk mempelajari trek dan karakteristiknya.
Apalagi, sirkuit JEIC terbilang baru dan belum pernah digunakan untuk event apa pun sebelumnya. Hal ini pun jadi tantangan bagi para juru mudi untuk bisa memenangkan balapan.
Biar kamu nggak ketinggalan keseruannya, pastikan kamu tahu dan catat jadwal lengkap Jakarta E-Prix 2022.

Jadwal Balapan Formula E Jakarta 2022:

  • Latihan Bebas 1: 07:15 – 07:45 WIB
  • Latihan Bebas 2: 09:00 – 09:30 WIB
  • Kualifikasi: 10:40 – 11:55 WIB
  • Balapan: 15:00 – 16:00 WIB
Selain rangkaian balapan, pihak penyelenggara Jakarta E-Prix 2022 juga menghadirkan acara hiburan yang diramaikan oleh musikus dan selebritas ternama Tanah Air. Mereka akan menghibur penonton mulai pukul 10:00 hingga 22:00 WIB.
Beberapa musikus Tanah Air yang akan meramaikan konser Formula E Jakarta 2022 antara lain band Padi, Gigi, Payung Teduh, Wali, hingga sejumlah DJ ternama Tanah Air.

Link Streaming Formula E Jakarta 2022

Setelah mengetahui jadwal lengkapnya, sekarang saatnya kamu untuk mendapatkan link streaming Jakarta E-Prix 2022 biar bisa nonton langsung gelaran balap mobil listrik termegah di dunia ini secara gratis.

Kabar baiknya, ada beberapa opsi link streaming Formula E Jakarta 2022 yang bisa kamu pilih sesuai preferensimu. Jika kamu lebih suka nonton dari TV, stasiun televisi Nasional seperti RCTI, iNews, dan MetroTV turut menyiarkan balapan tersebut.

Namun, tidak semua kanal siaran langsung Formula E Jakarta 2022 menyiarkan seluruh rangkaian acara. Hanya kanal resmi ABB Formula E dan SPOTV2 yang menyiarkan sesi latihan bebas.

Berikut link live streaming Jakarta E-Prix 2022 yang bisa kamu gunakan untuk menonton balapan Formula E Jakarta beserta seluruh rangkaiannya:

  1. Formula E YouTube
  2. SPOTV2
  3. RCTI/RCTI+
  4. iNews
  5. MetroTV
  6. Vision+

Beberapa di antara kamu pasti bermimpi untuk bisa menonton balapan dan semua rangkaian acaranya langsung dari sirkuit. Akan tetapi, harga tiket Formula E terbilang tidak murah sehingga banyak yang mengurungkan niat. 

Tiket nonton Formula E termurah bisa kamu dapatkan dengan harga Rp287.500,-. Namun, kamu yang membeli tiket ini tidak menonton dari sirkuit, melainkan tiga titik di kawasan wisata Ancol melalui layar LED.

Harga tiket termurah untuk bisa nonton langsung dari sirkuit JEIC dibanderol dengan harga Rp517.500,-. Sedangkan harga tiket paling mahal mencapai Rp11.500.000,-.

Klasemen Sementara Pembalap Formula E hingga Jakarta E-Prix 2022

Memasuki seri kesembilan Formula E musim 2021/2022, persaingan di klasemen sementara makin memanas. Sebab, perbedaan poin antara pembalap, khususnya yang berada di peringkat lima besar, tidak begitu jauh.

Hingga seri Jakarta E-Prix, pembalap berkebangsaan Belgia dari tim Mercedes-EQ, Stoffel Vandoorne, menduduki taktha teratas klasemen dengan raihan 111 poin.

Sementara itu, rekan setimnya yang menjadi pembalap Belanda, Nyck de Vries, masih berjuang di posisi keenam. Pembalap yang punya darah Indonesia ini berhasil memperbaiki performa setelah memenangkan Berlin E-Prix.

Makanya, menarik untuk bisa melihat de Vries bisa tampil baik. Seri balapan kali ini pasti akan terasa spesial karena berada di tanah leluhurnya. Apalagi, dia juga merupakan juara gelaran Formula E musim lalu.

Untuk klasemen sementara Formula E musim 2021/2022, silahkan cek peringkat 10 besarnya di bawah ini:

Pos    Driver                                        Tim                                                                  Poin
1        Stoffel Vandoorne                Mercedes-EQ Formula E Team                 111
2        Edoardo Mortara                 Rokit Venturi Racing                                     99
3        Jean-Eric Vergne                  DS Techeetah                                                95
4        Mitch Evans                            Jaguar TCS Racing                                       83
5        Robin Frijns                             Envision Racing                                              81
6        Nyck De Vries                         Mercedes-EQ Formula E Team                65
7        Andre Lotterer                       Tag Heuer Porsche Formula E Team      59
8        Pascal Wehrlein                    Tag Heuer Porsche Formula E Team      51
9        Lucas Di Grassi    Rokit        Venturi Racing                                                49
10      Antonio Felix Da Costa        DS Techeetah                                                 42

Hasil Formula E Jakarta 2022: Persaingan Makin Ketat!

Sebagai pemuncak klasemen, Stoffel Vandoorne pastinya menjadi pembalap yang paling diunggulkan untuk menjuarai balapan Jakarta E-Prix 2022. Pengamat memprediksi dia akan mendapat perlawanan sengit dari pembalap lain seperti de Vries dan Eduardo Mortara.

Namun, pada akhirnya Vandoorne lah yang diprediksi menjadi kandidat utama peraih podium pertama. Sebab, performanya memang sangat konsisten sehingga dia mampu menabung poin demi bekal menjuarai Formula E musim ini.

Mantan pembalap F1 ini membuktikan kualitasnya dengan total raihan tujuh kali pole position, terbanyak di musim ini. Menariknya, dari tujuh pole yang dia dapat, Vandoorne hanya menjuarai satu kali E-Prix, tepatnya di Monaco E-Prix.

Meski begitu, Vandoorne terbilang menjadi pembalap yang paling konsisten. Dalam lima E-Prix terakhir, dia tidak pernah keluar dari peringkat lima besar. Tiga di antaranya adalah podium ketiga, serta satunya adalah kemenangan di Monaco.

Makanya, nggak mengherankan jika pembalap Belgia ini bisa meraih pole position. Namun, hasil akhir balapan bisa saja berbeda mengingat rekor unik Vandoorne musim ini.

Selain Vandoorne, Nyck de Vries menjadi pembalap yang paling disorot. Bukan karena hanya punya ikatan erat dengan Indonesia, motivasinya untuk menang sedang di atas angin setelah menjuarai Berlin E-Prix seri kedua. Pastinya, dia ingin tampil baik di tanah kelahiran leluhurnya.

Akhir Kata

Itulah dia link streaming Formula E Jakarta 2022, lengkap dengan jadwal, klasemen, serta beberapa fakta menariknya. Sebagai penggemar balap mobil atau motorsport, kamu pasti tidak mau melewatkan momen bersejarah ini.

Selain sisi historisnya, balapan Jakarta E-Prix 2022 diprediksi juga akan berlangsung seru. Apalagi, ada pembalap keturunan Indonesia yang akan berlaga di JEIC. Semoga saja semuanya bisa berjalan lancar dan meriah, ya!

    

Lihat berita dan Artikel Domainrakyat.com di Google News dan WhatsApp Channel