Scroll untuk baca berita
News

Pemuda Peduli Sesama (PPS) Bulukumba Menggelar Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Tema: Bersatu, Bangkit dan Tumbuh

×

Pemuda Peduli Sesama (PPS) Bulukumba Menggelar Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Tema: Bersatu, Bangkit dan Tumbuh

Sebarkan artikel ini
Pemuda Peduli Sesama (PPS) Bulukumba Menggelar Peringatan Hari Sumpah Pemuda. Foto: Andi Haerul

Bulukumba, Domainrakyat.com – Hari Sumpah Pemuda adalah momentum nasional yang diperingati setiap 28 Oktober untuk memperingati lahirnya sumpah pemuda pada 28 Oktober 1928.

94 tahun yang lalu, tepatnya pada 27-28 Oktober 1928 para tokoh pemuda menggelar kongres. Kongres tersebut kemudian menghasilkan sumpah setia para pemuda di Indonesia yang berisi tentang semangat persatuan dan rasa cinta terhadap tanah air.

Skroll untuk Melanjutkan
Advertising

Kongres Pemuda pada 28 Oktober itu sebenarnya adalah yang kedua dan merupakan kelanjutan dari kongres pertama yang berlangsung 30 April-2 Mei 1926.

Kongres itu melibatkan seluruh organisasi pemuda di Hindia Belanda saat itu, seperti Jong Java, Jong Ambon, Jong Celebes, Jong Batak, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Sekar Rukun, PPPI, Pemuda Kaum Betawi, dan masih banyak lagi.

Dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke 94 Tahun 2022,  organisasi kepemudaan di Kabupaten Bulukumba, yakni Pemuda Peduli Sesama (PPS) menggelar kegiatan Tudang Sipulung (Diskusi ringan tentang alam) di Dusun Balangtieng, Desa Bulolohe, Kecamatan Rilau Ale.

Pada kegiatan itu juga akan digelar beberapa games yang berkaitan dengan alam.

“Dalam kegiatan peringatan Sumpah Pemuda akan ada diskusi tentang alam dan beberapa games,” ujar Panitia kepada wartawan.

Pada pembukaan kegiatan yang bertema ‘Bersatu, Bangkit dan Tumbuh’ itu turut dihadiri Kepala Polisi Sektor (Kapolsek) Rilau Ale Aiptu Herman dan salah seorang tokoh pemuda Rilau Ale Mattuppuang.

Aiptu Herman sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh para pemuda Rilau Ale, khususnya  PEMUDA PEDULI SESAMA (PPS) Bulukumba.

“Saya berharap, kegiatan ini mampu  menumbuhkan persatuan dan kesatuan, serta rasa cinta terhadap tanah air,” ujar Aiptu Herman saat menyampaikan kata sambután.

“Momen hari Sumpah Pemuda ini tentunya menjadi ajang silaturahmi antar pemuda yang diharapkan mampu menghadirkan semangat agar para pemuda bisa saling bahu-membahu memajukan bangsa,” lanjutnya.

Kegiatan yang didukung puluhan Organisasi Pecinta Alam itu akan diadakan selama 3 hari sejak hari ini dan berakhir pada Jumat (28/10/2022).

    

Lihat berita dan Artikel Domainrakyat.com di Google News dan WhatsApp Channel