Scroll untuk baca berita
NewsPemiluPolitik

Puan Maharani dan AHY Tampakkan Kemesraan, Ini Pesan Megawati dan SBY

×

Puan Maharani dan AHY Tampakkan Kemesraan, Ini Pesan Megawati dan SBY

Sebarkan artikel ini
Puan Maharani dan AHY. Foto/Net

Domainrakyat.com – Pertemuan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani membuat orangtua keduanya bereaksi.

AHY dan Puan Maharani berbincang selam 1,5 jam sembari menikmati sarapan bubur ayam di kawasan Senayan, Minggu (18/6/2023).

Skroll untuk Melanjutkan
Advertising

AHY dan Puan Maharani bertemu saat sedang lari pagi.

Di tengah keakraban putra sulung presiden ke-6 RI SBY dan putri bungsu dari presiden kelima RI Megawati tersebut, keduanya membahas soal politik menjelang Pemilu 2024.

Tentunya, pertemuan anak dua mantan presiden RI tersebut pun menjadi angin sejuk bagi dunia politik di Indonesia.

Terlebih selama ini senantiasa berhembus isu hubungan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) renggang.

AHY mengatakan Partai Demokrat dan PDIP sama-sama pernah jadi partai penguasa dan oposisi.

“Mungkin tidak banyak yang punya pengalaman seperti itu, paripurna,” kata AHY dalam konferensi pers di Hutan Kota, Senayan, Minggu (18/6/2023) usai bertemu dengan Puan.

Ia mengatakan dalam dua dekade ke belakang komunikasi kedua partai tidak berjalan baik karena sering berbeda jalur politik.

Berangkat dari pertemuan inilah AHY berharap Partai Demokrat dan PDIP dapat menjadi oase dalam lingkup dunia politik.

“Kita juga tahu dalam kurun waktu dua dekade terakhir ini, paling tidak dari 2004 hingga tahun ini, seringkali dianggap komunikasi dan hubungan antara kedua partai belum bisa berjalan dengan sebaik yang diharapkan,” ujarnya.

“Tentu saya tidak ingin membahas masa lalu, tetapi hadirnya kami berdua mudah-mudahan juga menjadi oase, bahwa politik itu seringkali menempatkan seseorang atau partai dalam posisi dan sikap yang berbeda,” lanjut AHY.

Meski menempuh langkah perjuangan politik yang berbeda, AHY mengakui hubungan dengan Puan di luar itu sangat baik.

Sehingga, ia juga berharap dengan hubungan yang baik itu, pihaknya selaku tokoh partai juga dapat mencari solusi yang baik dalam mencari visi dan misi memimpin bangsa.

“Tetapi persahabatan kami berdua, mba Puan Maharani yang juga selama ini berhubungan baik dengan kami sekeluarga, mudah-mudahan juga menjadi bentuk yang baik, bahwa segala sesuatunya bisa kita carikan solusinya, bisa dibicarakan, dan walaupun sekali lagi belum selalu pasti pada posisi dan sikap yang sama,” katanya.

“Tapi Insyaallah untuk bangsa dan negara, politik rekonsiliasi semacam ini sangat dibutuhkan dan dinantikan oleh masyarakat Indonesia,” sambung AHY.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengungkapkan, hubungannya dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) seperti kakak-adik.

Puan mengatakan perbincangannya selama satu jam lebih bersama AHY hampir tak terasa.

Sebab, kata Puan, keduanya berbincang bukan sebagai antar petinggi partai besar dan Ketua DPR RI, tapi seperti kakak-adik.

Bahkan, putri dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri itu mengungkapkan, AHY sempat meminta izin kepada Puan untuk menganggapnya sebagai kakak.

Menanggapi hal itu, Puan menyambut baik keinginan AHY tersebut.

“Syukur alhamdulilah, tadi pertemuannya itu kurang lebih satu jam lebih ya. Satu jam lebih, tidak terasa, kalau tidak ingat waktu saya tadinya mau terus ngobrol,” kata Puan.

“Saya banyak sekali yang bisa diomongin, bisa seperti kakak adik. Tadi Mas AHY bilang, ‘Mbak boleh ya saya menganggap mbak, sebagai kakak? Saya bilang, ya, boleh dong,” ucapnya lalu tersenyum.

Dalam kesempatan yang sama, Puan berharap diskusi politik dengan AHY dan jajaran Partai Demokrat bisa berlanjut ke depannya.

Hal itu, dijelaskan Puan, karena dunia politik yang berjalan sangat dinamis.

Sehingga, perlu diskusi berkelanjutan untuk mencapai satu titik tujuan.

“Bahwa membangun bangsa dan negara itu bukan hanya bicara politik praktis tapi ada sebelumnya sesudahnya dan pasca-nya itu mau seperti apa,” kata Puan.

“Kami bersepakat bahwa ini enggak boleh berhenti sampai di sini, bicara politik itu bukan berarti kemudian setop sampai di sini seolah-olah selesai.

Tapi karena politik itu penuh dengan dinamika sangat dinamis jadi untuk bisa mencapai satu titik temu di tengah saja perlu waktu untuk bicara bicara terus,” kata dia.

Selain itu, kedua tokoh politik tersebut pung mengungkap pesan orang tua mereka sebelum melakukan pertemuan.

Puan mengatakan, Megawati mengingatkannya untuk tersenyum saat bertemu AHY.

Megawati mengingatkan agar Puan tidak terlihat tegang saat bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat itu.

“Pesannya dari Ibu Mega ya ketemu hari ini (dengan AHY), ketemu hari ini senyum. Enggak boleh ketemunya berdua ini seperti wah tegang-tegang,” kata Puan.

Hal itu pun dijelaskan Puan, diterapkannya saat pertama kali bertemu dengan AHY.

“Nah tadi ketemu langsung senyum, salam berduaan, enggak ada kayak tegang-tegang, akrab, kekeluargaan, bersilaturahmi,” kata dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan, pertemuannya dengan AHY itu merupakan pertemuan anak muda.

“Anak-anak muda yang akan membawa, InsyaAllah bisa membantu membangun bangsa ini ke depan untuk bisa mempunyai masa depan yang lebih baik daripada yang sebelumnya,” ucap Puan.

“Jadi jangan berpikir yang aneh-aneh,” ujarnya.

AHY pun mengungkap pesan Presiden keenam RI, SBY sebelum pertemuan.

Dikatakan AHY, SBY sangat berharap pertemuan elite PDIP dan Partai Demokrat bisa membawa keberkahan.

“Yang jelas, semangatnya hari ini pak SBY juga menitipkan semoga pertemuan ini membawa kebaikan dan keberkahan,” kata AHY dalam konferensi pers usai pertemuan.

Lebih lanjut, AHY mengatakan ayahnya juga berpesan supaya pertemuan itu tidak hanya membahas politik praktis saja.

Tapi lebih jauh lagi berkaitan dengan peran partai untuk kebaikan negeri.

“Sekali lagi jangan hanya pada pembahasan politik praktis, tetapi jauh dari itu karena kita ingin sama-sama punya peran yang baik untuk negeri kita,” paparnya.

    

Lihat berita dan Artikel Domainrakyat.com di Google News dan WhatsApp Channel