Scroll untuk baca berita
News

Komnas HAM Akan Usut Kasus Tewasnya Brigadir J di Rumah Kadiv Propam

×

Komnas HAM Akan Usut Kasus Tewasnya Brigadir J di Rumah Kadiv Propam

Sebarkan artikel ini

 

Komisioner Komnas HAM Mohammad Choirul Anam saat memberikan keterangan terkait kasus tewasnya Brigadir J di Rumah Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo lewat rekaman video, Kamis (14/7/2022).(Dok Komnas HAM )

JAKARTA, DOMAINRAKYAT.com – Komnas HAM akan bergerak secara independen untuk mengungkap kasus tewasnya Brigadir J di rumah Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo.

Skroll untuk Melanjutkan
Advertising

Sekalipun Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sudah meminta Komnas HAM untuk ikut dalam tim gabungan pengungkapan kasus tersebut.

“Kami menyambut baik dan mengapresiasi langkah Kapolri untuk terbuka dan akuntabel, namun demikian Komnas HAM karena lembaganya independen kami memang bekerja sendiri,” ucap Komisioner Komnas HAM Choirul Anam dalam keterangan video, Kamis (14/7/2022).

Komnas HAM nantinya akan memiliki tim sendiri dalam pengungkapan kasus tersebut dan akan didukung penuh oleh pihak kepolisian.

Sebagai bentuk dukungan, pihak kepolisian memberikan Komnas HAM akses semua hal yang dibutuhkan untuk pengungkapan kasus tersebut.

“Kami diberikan komitmen (oleh kepolisian) seluas-luasnya untuk mengakses semua hal yang kita butuhkan untuk membuat terangnya peristiwa yang kami butuhkan,” ucap dia.

Dia juga meminta agar seluruh pihak bisa terus mendukung independensi Komnas HAM dalam pengungkapan kasus itu.

“Kami berharap kepolisian, masyarakat dan pihak tertentu ayo jaga independensi Komnas HAM,” ucap dia.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membentuk tim gabungan untuk menangani kasus baku tembak yang terjadi di rumah Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri Irjen Ferdy Sambo pada Jumat (8/7/2022).

Kapolri mengatakan tim khusus itu akan melibatkan unsur eksternal Polri, yakni Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

“Kami juga sudah menghubungi rekan-rekan dari luar, dalam hal ini adalah Kompolnas dan Komnas HAM terkait dengan isu yang terjadi,” ujar Listyo di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (12/7/2022).

Diberitakan sebelumnya, peristiwa baku tembak ini terjadi pada Jumat (8/7/2022).

Peristiwa ini terjadi di rumah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo di daerah Duren Tiga, Jakarta, sekitar pukul 17.00 WIB.

Menurut Kepala Divisi Humas Polri (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, Brigadir J sempat melakukan pelecehan dan menodongkan pistol ke kepala istri Irjen Ferdy Sambo di dalam kamar.

Saat istri Ferdy berteriak, Brigadir J panik dan keluar kamar. Bharada E yang ada di lantai atas menanyakan soal teriakan itu.

Namun, Brigadir J melakukan penembakan terhadapnya. Kemudian, aksi saling tembak terjadi sehingga menewaskan Brigadir J.

Ikuti berita Domainrakyat.com melalui Google News, klik di sini

 

 

    

Lihat berita dan Artikel Domainrakyat.com di Google News dan WhatsApp Channel