Scroll untuk baca berita
Berita UtamaNewsPolitik

Kader Terbaik Nasdem dan Gerindra Siap Lawan Andi Sudirman di Pilgub Sulsel 2024

×

Kader Terbaik Nasdem dan Gerindra Siap Lawan Andi Sudirman di Pilgub Sulsel 2024

Sebarkan artikel ini
Andi Sudirman Sulaiman, Rusdi Masse dan Andi Iwan Darmawan Aras (dok.istimewa)

Makassar, Domainrakyat.com – Dewan Pengurus Pusat (DPP) partai Nasional Demokrat (Nasdem) sudah menyiapkan kader terbaiknya untuk bertarung di Pemilihan Gubernur Sulsel pada November 2024 mendatang.

Sekretaris Jenderal DPP Nasdem Hermawi Taslim kepada wartawan di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Sabtu (16/3/2024), membocorkan siapa sosok calon Gubernur Sulsel yang akan didorong Nasdem.

Skroll untuk Melanjutkan
Advertising

“Di Sulawesi Selatan kita memang siapkan Rusdi Masse. Kita siapkan Rusdi Masse tinggal bagaimana pembicaraan dengan beliau,” kata Hermawi saat ditemui di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Sabtu (16/3/2024).

Rusdi Masse berpeluang jadi penantang Andi Sudirman Sulaiman, sebabnya Nasdem tampil sebagai pemenang Pemilu 2024 di Sulsel.

Perolehan kursi Nasdem mencapai 17 kursi di DPRD Sulsel. Hal itu membuat Nasdem mengantongi tiket Pilgub dan bisa mengusung paslon tanpa harus berkoalisi dengan parpol lain.

Oleh karenanya, NasDem ingin mengutamakan kader sendiri maju calon kepala daerah di pilkada serentak 2024. Termasuk di Sulsel.

“Jadi gini dua kali pemilu pertama semua banyak daerah minta kadernya sendiri. Kita DPP merasa belum kuat belum kuat, nah tahun pemilu ketiga bagi NasDem ini tahun kader kita akan dengan tetap memperhatikan hasil survei tapi kita akan memprioritaskan kader,” kata Hermawi Taslim.

Di Pemilu 2024 ini, Rusdi Masse tmpil jadi jawara di Dapil III (tiga) Sulsel dengan perolehan suara mencapai 161 ribu.

Adapun untuk level Sulsel di semua Dapil perolehan suara Rusdi Masse tertinggi ketiga setelah Andi Amar Maruf Sulaiman dan Andi Iwan Darmawan Aras.

Sebagai ketua partai, Rusdi Masse punya infrastuktur partai di 24 kabupaten/kota.

Sementara itu, Gerindra mendorong Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Andi Iwan Darmawan Aras maju calon Gubernur Sulsel. Dukungan itu datang dari Sekretaris DPD Gerindra Sulsel Darmawansyah Muin.

“Sebagai kader kami mendorong nama Bapak Andi Iwan Darmawan Aras maju calon Gubernur Sulsel di Pilgub Sulsel 2024,” kata Sekretaris DPD Gerindra Sulsel Darmawangsyah Muin kepada wartawan di Gowa Rabu (13/3/2024).

Wawan, sapaan, menilai Andi Iwan layak jadi calon gubernur dengan pengalamannya sebagai Ketua DPD Gerindra Sulsel ditambah pengalaman dua periode di DPR RI.

Di Senayan, Andi Iwan menjabat Wakil Ketua Komisi V DPR RI.

“Tujuan partai politik adalah merebut kekuasaan secara konstitusional, tentu prioritas utama Gerindra mendorong Andi Iwan Darmawan Aras maju calon Gubernur Sulsel. Pak Andi Iwan ini salah satu kader terbaik dari Gerindra,” kata Wawan.

Wawan mengatakan usulan nama Andi Iwan adalah keputusan rapat koordinasi daerah (Rakorda) Gerindra Sulsel yang dihadiri Sekjen Ahmad Muzani pada 2021 lalu.

“Sampai hari ini tidak ada nama lain di internal Gerindra kecuali Pak Andi Iwan Darmawan Aras. Apalagi keputusan Rakorda memutuskan Andi Iwan calon gubernur,” kata Darmawangsyah.

Di Pemilu 2024 ini, Andi Iwan membawa Gerindra berjaya untuk level DPR RI di Sulsel. Kursi Gerindra naik dari tiga kursi menjadi lima kursi. Bahkan Gerindra mematahkan dominasi Golkar di dapil Sulsel 2.

Andi Iwan sukses menjawab kepercayaan DPP. Ketua Kadin Sulsel itu ditunjuk memimpin Gerindra Sulsel sejak 2019 menggantikan Idris Manggarabani.

    

Lihat berita dan Artikel Domainrakyat.com di Google News dan WhatsApp Channel